Sabtu, 07 Januari 2012

Shalat metode psikoterapi sufistik

pebelajaran tasawuf
Dalam psikoterapi sufistik, pengajaran dan bimbingan rohani menuju Allah SWT, adalah suatu proses yang istiqomah. Sebelum seorang sufi menyibukkan dirinya dengan ibadah, dia harus melalui proses :
1. Maqamat (station)
2. Al-ahwal (pengkondisisan).
Proses perjalanan sufi tersebut adalah taqarrub dan zikkrullah yang akan menaikkannya ke puncak ma’rifatullah untuk mencapai tahap kebahagiaan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam salah satu hadits Nabi disebutkan “asholatu imanuddin“, sholat itu adalah tiang agama, orang yang sholat adalah yang menghidupkan agama dan orang yang tidak sholat adalah yang mematikan agama Shalat merupakan ibadah yang dahsyat sekali. Ia dapat menenteramkan hati yang gelisah, memelihara kesehatan jasmani dan rohani, menyelamatkan dunia dan akhirat, dan sebagainya. Kalo shalat dilakukan dg khusuk.
Qiyamul lail dengan teknik muraqqabah (meditasi) mampu mengeluarkan energi negatif dan mampu mengusir pengaruh vibrasi setan dan getaran nafsu tubuh, Shalat Lail dan Dzikir lail merupakan olah Rohani yang luar biasa manfaatnya selain hati menjadi tenang, tentram fikiran dan nafsu mampu terkendalikan
Rahasia shalat 5 waktu sehari semalam, sunggung mencengangkan kalu mengetahui rahasia dibalik waktu dan gerakan shalat yang selama ini dilakukan. Orang non islam malah terlebih dahulu menemukan rahasia dibalik waktu dan gerakan shalat, sebut saja Orang China, dalam kitab China kuno dijelaskan “periode alam semesta dalam 24 jam ini rupanya terjadi beberapa pentahapan dan energi positif yang bermanfaat bagi manusia.
1. Energi api akan keluar pada waktu jam 12.00 siang 2. Energi air yang keluar pada waktu jam 6 sore. 3. Energi kayu yang keluar jam 12 malam sampai jam 2 dini hari. 4. Energi udara keluar pada jam 02 sampai Jam 08 pagi. 5. Energi logam keluar jam 06 pagi sampai jam 9
Allah telah menetapkan waktu-waktu shalat tentu ada manfaatnya bagi manusia, Dalam buku China itu terjawab ada hubungan antara manusia dengan alam di sekitar, dan melalui waktu sholat terbukti bahwa energi alam dengan manusia terjadi sirkulasi yang amat seimbang.
KENAPA 5 WAKTU SEHARI SEMALAM
1. Ada energi api akan keluar pada waktu jam 12.00 siang sampai sore, untuk mengobati jantung dan ginjal itu
2. Dalam gerakan sholat ashar adalah siklus dari panas ke dinginmereka menyebutnya terapi kandung kemih. Secara alamiah gerakan ashar ituternyata memisahkan zat-zat kimia dalam tubuh kita
3. Ada energi air yang keluar pada waktu jam 6 sore setelah terbenamnya matahari yang mereka menyebutnya bahwa maghrib itu menterapi ginjal.
1. Gerakan isya yaitu setelah mega merah hilang, ini mereka menyebutnya sebagai terapi yang mengurangi kelebihan energi. Ada energi kayu yang keluar pada waktu jam 11 malam, dia Yang menghancurkan racun-racun yang ada dibadan kita, dan menurut ilmuwan Cina racun itu bakar kayu untuk membuangracun di otak
5. Kemudian jam 02 pagi otak dibersihkan oleh energi kayu, dan selanjutnya Allah menyediakandan mengisinya untuk sholat tahajud pada waktu sepertiga malam
Ilmuwan di Jerman melakukan penelitian Prof. Dr. Sholeh seorang guru besar Universitas Airlangga, telah membuktikan bahwa tahajud yang teratur dan disiplin akan mencegah kanker, stres dan infeksi oleh sebab itu jika orang melakukan dengan teratur memiliki emosi yang positif.
Dan Energi udara keluar pada jam 02 sampai Jam 03 pagi energi logam yang menterapi kita. Dan Jam 06 pagi melakukan sholat dhuha untuk menterapi pencernaan.
Shalat lail dan shalat subuh
1. Menormalkan Syaraf
2. Penyeimbang Hormon
3. Sel trombosit bertambah
4. Menyehatkan organ seluruh tubuh
Dalam gerakan sholat para ilmuwan Cina bahwa 9 (sembilan) gerakan sholat, atau disebut dengan gerakan suprayoga karena energi itu akan masuk ke syaraf ditangan dan cara yang paling tepat untuk menangkap energi itu karena kita takbir waktu engawali sholat, takbir waktu bangun dari ruku di situlah energi masuk.
Salat adalah amalan ibadah yang paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Gerakan-gerakannya sudah sangat melekat dengan gestur (gerakan khastubuh) seorang muslim. Dari kajian ilmiah bahwa salat merupakan gudang obat bagi berbagai jenis penyakit!
TAKBIRATUL IHRAM
Postur:
berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar telinga, lalu melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah.
Manfaat:
Gerakan ini melancarkan aliran darah, getah bening (limfe) dankekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalirlancar ke seluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehinggaaliran darah kaya oksigen menjadi lancar. Kemudian kedua tangan didekapkan didepan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas
RUKUK
Postur: Rukuk yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus sehingga bila di letakkan segelas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah. Posisi kepala lurusdengan tulang belakang.
Manfaat:
Postur ini menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang(corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat sy saraf. Posisi jantung sejajardengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. tangan yangbertumpu di lutut berfungsi relaksasi bagi otot-otot bahu hingga ke bawah, & latihankemih untuk mencegah gangguan prostat
I'TIDAL
Postur: Bangun dari rukuk, tubuh kembali tegak setelah, mengangkat keduatangan setinggi telinga
Manfaat:
i'tidal adalah variasi postur setelah rukuk dan sebelum sujud. Gerakberdiri bungkuk berdiri sujud merupakan latihan pencernaan yang baik. Organ organpencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian.Efeknya, pencernaan menjadi lebih lancar

SUJUD
Postur: Menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dandahi pada lantai.
Manfaat:
Aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantungdi atas otak menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Aliranini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Karena itu, lakukan sujud dengantuma'ninah, jangan tergesa gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Postur ini juga menghindarkan gangguan wasir. Khusus bagi wanita, baik rukuk maupun sujudmemiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan
DUDUK
Postur: Duduk ada dua macam, yaitu iftirosy (tahiyyat awal) dan tawarruk (tahiyyat akhir). Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki.
Manfaat:
Saat iftirosy, kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius. Posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan.
Duduk tawarruk sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (urethra), kelenjar kelamin pria(prostata) dan saluran vas deferens. Jika dilakukan dengan benar, postur ini mencegah impotensi.
Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarruk menyebabkan seluruhotot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonisinilah yang menjaga. kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita
SALAM
Postur: Memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal.
Manfaat:
Relaksasi otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darahdi kepala. Gerakan ini mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah. Sebagai ibadah sosial tengok kanan dan kiri
BERIBADAH
secara, kontinyu bukan saja menyuburkan iman, tetapi memper- cantik diri wanita, tampan bagi lelaki baik luar maupun dalam.

PACU KECERDASAN
Gerakan sujud dalam salat tergolong unik. Falsafahnya adalah manusia menundukkan diri serendah-rendahnya, bahkan lebih rendah dari pantatnya sendiri.
Dari sudut pandang ilmu psikoneuroimunologi (ilmu mengenai kekebalan tubuh darisudut pandang psikologis) yang didalami Prof Sholeh, gerakan ini mengantar manusiapada derajat setinggi-tingginya. Mengapa?
Dengan melakukan gerakan sujud secara rutin, pembuluh darah di otak terlatihuntuk menerima banyak pasokan darah. Pada saat sujud, posisi jantung berada di ataskepala yamg memungkinkan darah mengalir maksimal ke otak. Itu artinya, otakmendapatkan pasokan darah kaya oksigen yang memacu kerja sel-selnya. Dengankata lain, sujud yang tumakninah dan kontinyu dapat memacu kecerdasan.
PERINDAH POSTUR
Gerakan-gerakan dalam salat mirip yoga atau peregangan (stretching). Intinyauntuk melenturkan tubuh dan melancarkan peredaran darah.
Keunggulan shalatdibandingkan gerakan lainnya adalah salat menggerakan anggota tubuh lebih banyak,termasuk jari kaki dan tangan.Sujud adalah latihan kekuatan untuk otot tertentu, termasuk otot dada. Saatsujud, beban tubuh bagian atas ditumpukan pada lengan hingga telapak tangan.Saat inilah kontraksi terjadi pada otot dada, bagian tubuh yang menjadi kebanggaan wanita. **** tak hanya menjadi lebih indah bentuknya tetapi jugamemperbaiki fungsi kelenjar air susu di dalamnya.
MUDAHKAN PERSALINAN
Masih dalam pose sujud, manfaat lain bisa dinikmati kaum hawa. Saat pingguldan pinggang terangkat melampaui kepala dan dada, otot-otot perut (rectus abdominisdan obliquus abdominis externuus) berkontraksi penuh.
Kondisi ini melatih organ disekitar perut untuk mengejan lebih dalam dan lama. Ini menguntungkan wanita karena dalam persalinan dibutuhkan pernapasan yang baik dan kemampuan mengejan yangmencukupi. Bila, otot perut telah berkembang menjadi lebih besar dan kuat, maka secara alami ia justru lebih elastis.Kebiasaan sujud menyebabkan tubuh dapat mengembalikan serta mempertahankan organ-organ perut pada tempatnya kembali (fiksasi)
PERBAIKI KESUBURAN
Setelah sujud adalah gerakan duduk. Dalam salat ada dua macam sikap duduk,yaitu duduk iftirosy (tahiyyat awal) dan duduk tawarruk (tahiyyat akhir).Yang terpenting adalah turut berkontraksinya otot-otot daerah perineum. Bagi wanita, inilah daerah paling terlindung karena terdapat tiga lubang, yaitu liang persenggamaan, dubur untuk melepas kotoran, dan saluran kemih.Saat duduk tawarruk, tumit kaki kiri harus menekan daerah perineum. Punggung kaki harus diletakkan di atas telapak kaki kiri dan tumit kaki kanan harus menekan pangkal paha kanan. Pada posisi ini tumit kaki kiri akan memijit dan menekan daerah perineum. Tekanan lembut inilah yang memperbaiki organ reproduksi di daerah perineum.
AWET MUDA
Pada dasarnya, seluruh gerakan salat bertujuan meremajakan tubuh. Jika tubuhlentur, kerusakan sel dan kulit sedikit terjadi. Apalagi jika dilakukan secara rutin, makasel-sel yang rusak dapat segera tergantikan. Regenerasi pun berlangsung lancar.Alhasil, tubuh senantiasa bugar.Gerakan terakhir, yaitu salam dan menengok ke kiri dan kanan punya pengaruhbesar pada kekencangan. kulit wajah. Gerakan ini tak ubahnya relaksasi wajah danleher. Yang tak kalah pentingnya, gerakan ini menghindarkan wanita dari seranganmigrain dan sakit kepala lainnya
Beberapa seminar di Timur Tengah yang membahas kaitan antara shalat dan kesehatan berkesimpulan bahwa, ternyata rutinitas shalat yang baik tidak hanya bernilai ibadah dan ruhani –menggugurkan kewajiban, lalu mendapat pahala, menenangkan jiwa dan menghilangkan stress, faedahnya:
1. shalat bisa mencegah serangan jantung
2. menghindarkan pendarahan otak
3. membantu kinerja paru-paru
4. memompa efektivitas sistem kerja ginjal
5. shalat juga berguna menguatkan otot-otot tubuh dan sendi
6. membantu relaksasi
7. meningkatkan kelenturan
8. memperlancar peredaran darah, sehingga fungsi organ
Wudlu dan Kesehatan
Begitu air dingin membasuh anggota wudlu, maka secara otomatis pembuluh darah bereaksi untuk bekerja lebih cepat dan gesit mengalirkan darah ke seluruh tubuh sebagai reaksi alami menormalisasi suhu tubuh,
akibat bertemunya suhu panas dalam tubuh dengan dinginnya guyuran air wudlu. Saat itu juga darah mengalir ke daerah seputar wajah, kedua tangan dan tepak kaki dengan sangat lancar.
tubuh berjalan baik.
Ketika aliran darah mengalir ke seluruh tubuh, termasuk pada bagian kulit, maka kelenjar peluh langsung bekerja menyedot darah-darah kotor dan membuangnya keluar tubuh melalui bulu-bulu halus yang tumbuh di sekitar kulit. Begitu darah kotor itu keluar, walau tidak kasat mata, maka langsung disapu air wudlu –inilah mungkin rahasianya kenapa kita disunahkan membasuh tiga kali pada setiap anggota wudlu. Dampaknya kulit sekitar wajah dan lainnya nampak cantik dan putih berseri sehingga penuaan dini bisa terhindarkan.
Biasanya, proses penyaringan dan pembuangan darah-darah kotor dilakukan oleh ginjal, kemudian dibuang bersamaan dengan air seni. Namun ketika seseorang melakukan wudlu, darah-darah kotor itu tertarik dan terkonsentrasi pada sekitar anggota-anggota wudlu yang sudah dibasuh dan kemudian disapu bersih oleh air wudlu berikutnya –basuhan kedua dan ketiga. Artinya, berwudlu ternyata mengurangi sedikit beban berat kerja ginjal dan dampaknya bisa meminimalisir kemungkinan terkena risiko sakit ginjal.
Salah tugas jantung yang paling berat adalah memompa darah supaya mengalir menuju wajah, telapak tangan, dan kaki. Kenapa?
Karena posisi ketiga anggota tubuh tersebut jauh dari posisi jantung –yang berada di rongga dada. Begitu tersentuh air wudlu yang dingin, maka jantung langsung bereaksi dan kemudian memompa darah dengan kuat menuju tiga anggota badan yang berjauhan itu.
Dengan demikian wudlu juga membantu meringankan beban berat kerja jantung. Akhirnya risiko terkena serangan jantung pun relatif bisa terhindarkan
Wudlu dengan air dingin, juga membantu merangsang dan mengefektifkan sistem kerja syaraf. Rangsangan tadi, akan berdampak positif pada kinerja syaraf pusat yang berada di otak.
Dengan demikian faedah lain dari wudlu adalah sanggup mengurangi ketegangan jiwa, stress, mengurangi rasa sedih, rasa khawatir dan rasa marah. Faedah inilah mungkin yang menjelaskan kenapa Rasulullah Saw, selalu menganjurkan kita untuk segera berwudlu ketika kita sedang emosi,
GEMAR SHALAT DENGAN KHUSUK DAN SABAR SELAIN PERWUJUAN DARI IBAADAH DAN MEMBUAT BADAN SEHAT FIKIRAN CEMERLANG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar