Jumat, 02 Desember 2011

SUPERVISI AKADEMIK


SUPERVISI AKADEMIK

Supervisi akademik merupakan kegiatan pembinaan dengan memberi bantuan teknis kepada guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran.   
Supervisi akademik sebaiknya dilakukan dengan pendekatan supervisi klinis yang  dilaksanakan secara berkesinambungan melalui tahap-tahap pra-observasi, observasi pembelajaran, dan pasca observasi.

Siklus supervisi akademik secara klinis

 
Hal-hal yang perlu diperhatikan pada tahap Pra-observasi, Observasi, dan Pasca-obsevasi.

Pra-observasi (Pertemuan awal)
  • Menciptakan suasana akrab dengan guru
  • Membahas persiapan yang dibuat oleh guru dan membuat kesepakatan mengenai aspek yang menjadi fokus pengamatan
  • Menyepakati instrumen observasi yang akan digunakan

Observasi (Pengamatan pembelajaran)
  • Pengamatan difokuskan pada aspek yang telah disepakati
  • Menggunakan instrumen observasi
  • Di samping instrumen perlu dibuat catatan (fieldnotes)
  • Catatan observasi meliputi perilaku guru dan siswa
  • Tidak mengganggu proses pembelajaran

Pasca-observasi (Pertemuan balikan)
  • Dilaksanakan segera setelah observasi
  • Tanyakan bagaimana pendapat guru mengenai proses pembelajaran yang baru berlangsung
  • Tunjukkan data hasil observasi (instrumen dan catatan) – beri kesempatan guru mencermati dan menganalisisnya
  • Diskusikan secara terbuka hasil observasi, terutama pada aspek yang telah disepakati (kontrak) – Berikan penguatan terhadap penampilan guru. Hindari kesan menyalahkan. Usahakan guru menemukan sendiri kekurangannya
  • Berikan dorongan moral bahwa guru mampu memperbaiki kekurangannya
  • Tentukan bersama rencana pembelajaran dan supervisi berikutnya


PETUNJUK PENGISIAN INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK SECARA KLINIS

Format A : Panduan Wawancara Pra Observasi
Berisi pertanyaan yang dilakukan sebelum penyelia melakukan pengamatan pembelajaran. Pertanyaan ini dapat dikembangkan oleh penyelia. Jawaban guru direkam dengan mencatat kata-kata kuncinya di lembar lain atau ditulis pada panduan dengan mengisi kolom catatan yang disediakan sesuai dengan aspek yang ditanyakan.
Format B : Daftar Periksa Observasi Pembelajaran
Instrumen ini diawali dengan identitas yag harus diisi oleh penyelia.
Nomor 1 diisi nama sekolah; no. 2 nama guru yang disupervisi; no. 3 mata pelajaran yang diobservasi; no. 4 kelas/ semester yang disupervisi;  no. 5 diisi hari, tanggal, dan jam pelajaran ke berapa supervisi dilaksanakan; no. 6 diisi kompetensi dasar dan indikator sesuai dengan yang ditulis guru dalam RPPnya; no.7 diisi jumlah sseluruh siswa di kelas yang disupervisi, jumlah siswa yang hadir, dan yang tidak hadir.
Berikutnya ada dua bagian yaitu A. Persiapan dan B. Kegiatan Pembelajaran. Kegiatan pembelajaran meliputi tiga tahap yaitu Pendahuluan, Kegiatan Pokok, dan Penutup. Setiap aspek diamati dengan cermat, kemudian penyelia membubuhkan tanda cek (v) pada kolom ”Tidak (tidak ada)” jika aspek yang ditanyakan tidak ada/tidak muncul. Kolom ”Ya/ada” (artinya aspek yang ditanyakan muncul). Kolom ini dibagi menjadi dua bagian yaitu ”baik” dan ”perlu diperbaiki”. Penyelia mengisi kolom tersebut dengan kualitas aspek yang ditanyakan  sesuai dengan kondisi pembelajaran yang diamati. Pengisian instrumen ini memerlukan kemampuan khusus dari penyelia.

I.    Persiapan
1.    Program tahunan. Diisi tanda cek (v) pada kolom “Ya (ada), baik” jika guru dapat menunjukkan program tahunan untuk mata pelajaran dan kelas yang diampu, tahun yang sedang berjalan, lengkap dengan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan pembagian alokasi waktu selama satu tahun pelajaran sesuai dengan minggu efektif belajar. 
2.    Program semester. Diisi tanda cek (v) pada kolom “Ya (ada), baik” jika guru dapat menunjukkan program semester untuk mata pelajaran dan kelas yang diampu, pada semester yang sedang berjalan (semester 1 atau 2), lengkap dengan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, pembagian alokasi waktu, dan rincian penyajian pada minggu-minggu tertentu selama satu semester sesuai dengan minggu efektif belajar. 
3.    Silabus.  Diisi tanda cek (v) pada kolom “Ya (ada), baik” jika guru dapat menunjukkan silabus untuk mata pelajaran dan kelas yang diampu, tahun yang sedang berjalan, lengkap dengan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Alokasi waktu, dan Sumber belajar.
4.    KKM untuk KD yang dibahas. Diisi tanda cek (v) pada kolom “Ya (ada), baik” jika Kriteria Ketuntasan Minimum untuk Kompetensi Dasar yang sedang dibahas > 75. Kemudian pada kolom keterangan ditulis nilai KKMnya.
5.    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Diisi tanda cek (v) pada kolom “Ya (ada),  baik” jika guru dapat menunjukkan RPP untuk pembelajaran yang sedang dilaksanakan, dilengkapi dengan tujuan dan kegiatan pembelajaran yang sistematis dan logis, serta melibatkan siswa secara aktif untuk mencapai tujuan pembelajaran/ indikator/KD, materi pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.
6.    Buku nilai. Diisi tanda cek (v) pada kolom “Ya (ada), baik” jika guru dapat menunjukkan buku nilai yang berisi nilai-nilai siswa untuk semua tagihan yang telah dilaksanakan, baik untuk pengetahuan, praktik, maupun sikap.
7.    Selanjutnya, jika penyelia mengisi tanda cek (v) pada kolom ”Ya (ada), perlu  diperbaiki”,  pada kolom ”keterangan” ditulis singkat hal-hal yang perlu diperbaiki. 

II.  Kegiatan Pembelajaran
A.     Pendahuluan
1.  Kesiapan alat bantu dan media pembelajaran. Kolom “Ya (ada), baik” diisi jika guru telah menyiapkan alat bantu/alat peraga yang diperlukan secara lengkap
2.  Motivasi, artinya membangkitkan kemauan belajar pada siswa,  agar siswa merasa tertarik ingin tahu apa yang akan dipelajarinya. Hal ini dapat diamati misalnya ketika guru:
b.  mengawali pelajaran dengan ceria,
c.  menunjukkan kegunaan topik yang akan dibahas dalam kehidupan sehari-hari atau hubungannya dengan mata pelajaran yang lain,
d.  memberi permasalahan yang menantang sehingga membangkitkan keinginan siswa untuk memecahkannya.
3.  Apersepsi. (Pengetahuan prasyarat yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas). Ini dapat dilihat apakah guru mengajukan pertanyaan mengenai materi pelajaran yang lalu yang berhubungan dengan materi yang akan dibahas. Kolom “Ya (ada), baik” diisi bila hal tersebut dilakukan dengan baik.
4.  Kejelasan Kompetensi Dasar/ Indikator. Kolom “Ya (ada), baik” diisi jika guru menyampaikan baik lisan maupun tertulis KD/ Indikator yang harus dikuasai siswa setelah selesai pembelajaran.
5.  Kesiapan bahan ajar. Kolom “Ya (ada), baik” diisi jika guru telah menyiapkan bahan ajar, baik berupa buku teks, modul, kaset/ cd pembelajaran, dsb.

B.    Kegiatan Pokok
1.  Penguasaan Materi.
Kolom “Ya (ada), baik” diisi jika guru tampak mantap dan percaya diri, tidak ragu-ragu  dalam menyajikan pembelajaran, serta pertanyaan-pertanyaan siswa dijawab dengan tepat. Jika penyelia berlatar belakang pendidikan sama dengan guru yang disupervisi pengamatan dapat lebih teliti dengan memperhatikan kebenaran konsep-konsep yang disampaikan oleh guru.
2.  Pengelolaan kelas
Kolom “Ya (ada), baik” diisi jika terjadi kemudahan bagi siswa untuk berinteraksi dengan guru, antarteman, bahan ajar, dan alat-alat pembelajaran
3.  Pengelolaan waktu
    Kolom “Ya (ada), baik” diisi jika penggunaan waktu yang tersedia dikelola dengan baik, dan dalam pembelajaran, penggunaan waktu lebih banyak untuk kegiatan siswa dibandingkan dengan kegiatan guru
4.  Metode/ pendekatan yang bervariasi
    Kolom “Ya (ada), baik” diisi jika terlihat guru tidak hanya menggunakan satu macam metode, misalnya hanya ceramah saja selama pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dapat diisi dengan ceramah, tanya jawab, diskusi dilanjutkan dengan presentasi hasil diskusi, dan sebagainya.
5.  Penggunaan alat bantu/ media pembelajaran
     Kolom “Ya (ada), baik” diisi jika guru tampak terampil, efektif, dan efisien menggunakan alat bantu/ media pembelajaran yang telah disiapkan
6. Peran guru sebagai fasilitator
    Kolom “Ya (ada), baik” diisi jika guru tidak mendominasi kegiatan pembelajaran, tetapi memberi kesempatan/ memfasilitasi siswa untuk melakukan berbagai kegiatan dalam upaya pencapaian indikator/ kompetensi dasar, dan selalu siap membantu siswa bila diperlukan
7. Teknik bertanya
    Kolom “Ya (ada), baik” diisi jika guru menerapkan teknik bertanya yang baik, misalnya:  a.  mengajukan pertanyaan kepada semua siswa
b.    memberi waktu tunggu bagi siswa untuk berpikir
c.  menghindari jawaban serentak dengan menunjuk salah seorang siswa untuk menjawab
Dalam menanggapi pertanyaan/ jawaban siswa, sikap guru:
a.     sabar mendengarkan sampai selesai  (tidak memotong pertanyaan/ jawaban siswa)
b.     tidak mencemooh walaupun pertanyaan/ jawaban siswa kurang tepat
c.      tidak langsung menyalahkan pendapat siswa
d.  memberi penghargaan pada pertanyaan yang berbobot/ jawaban yang tepat
   8. Penggunaan papan tulis
       Kolom “Ya (ada), baik” diisi jika penggunaan papan tulis sebagai berikut:
·      papan tulis dibagi untuk menuliskan hal-hal yang segera dihapus, dan hal-hal yang tidak dihapus sampai akhir pembelajaran,
·      yang ditulis pokok-pokok penting saja,
·      menulis tidak membelakangi siswa.
   9. Interaksi guru – peserta didik dan 10. Interaksi antarpeserta didik
       Kolom “Ya (ada), baik” diisi jika hubungan guru dan siswa/ hubungan antarsiswa dalam pembelajaran tampak akrab dan saling menghormati
   11.  Aktivitas peserta didik a – g
        Kolom “Ya (ada), baik” diisi jika semua kegiatan yang dimaksud dilakukan dengan baik
12. Sikap dan minat peserta didik dalam pembelajaran:
      a. Kolom “Ya (ada), baik” diisi jika jumlah siswa yang hadir pada waktu disupervisi > 95 %
       b. Kolom “Ya (ada), baik” diisi jika tampak sebagian besar ( > 75%) siswa membawa buku pelajaran yang relevan
       c.  Kolom “Ya (ada), baik” diisi jika sebagian besar ( > 75%) siswa tampak mencatat
      13. Pencapaian KD/ Indikator
          Kolom “Ya (ada), baik” diisi jika pertanyaan-pertanyaan guru yang berhubungan dengan tujuan pembelajaran/ indikator/ KD, baik yang disampaikan selama pembelajaran maupun di akhir pembelajaran, sebagian besar ( > 75%) dapat dijawab oleh siswa dengan baik    

  1. Penutup
1.  Rangkuman
    Kolom “Ya (ada), baik” diisi jika siswa membuat rangkuman dibimbing oleh guru
2.  Tugas untuk pertemuan berikutnya
     Kolom “Ya (ada), baik” diisi jika guru memberikan tugas (PR/ baca buku/ mencari informasi, dsb) untuk pertemuan berikutnya



Format C : Panduan Wawancara Pasca Observasi.
Wawancara dilakukan tidak di dalam kelas yang diamati beberapa saat setelah pengamatan pembelajaran selesai.
Format ini berisi pertanyaan yang dilakukan setelah penyelia melakukan pengamatan pembelajaran. Pertanyaan dapat dikembangkan oleh penyelia. Jawaban guru direkam dengan mencatat kata-kata kuncinya di lembar lain atau ditulis pada panduan dengan mengisi kolom catatan yang disediakan sesuai dengan aspek yang ditanyakan.


Pengolahan Hasil Supervisi
Pengolahan data dilakukan setelah proses wawancara pasca observasi.
Penilaian hasil secara kualitatif yaitu amat baik, baik, cukup dan kurang dengan memperhatikan tanda v pada kolom ”Ya (ada)”.

Contoh penilaian
Nilai Keseluruhan
Jumlah jawaban “Ya (ada)”
Kualifikasi
Keterangan
30 - 35
23 - 29
15 - 22
< 15
A
B
C
D
Amat baik
Baik
Cukup
Kurang























FORMAT A
PANDUAN WAWANCARA PRA OBSERVASI

Lamanya wawancara : ……………… menit

NO.
PERTANYAAN
CATATAN PENGAMAT
1.
Kompetensi Dasar ( KD ) apa yang akan Saudara sajikan?


2.
Metode apa yang terutama akan Saudara gunakan dalam pembelajaran KD  ini? Apa alasan Anda memilih metode tersebut?

3.
Alat dan bahan apakah yang saudara siapkan? Mengapa alat-alat itu Saudara gunakan?

4.
Sebutkan Langkah-langkah pembelajaran yang akan Saudara laksanakan!

5.
Persiapan tertulis apa saja yang Saudara buat ?


6.
Apakah Saudara memperkirakan ada materi yang sulit dipahami oleh siswa? Jika ada, apa yang mungkin akan menjadi sumber kesulitan dan bagaimana upaya Saudara untuk mengatasinya?

7.
Kompetensi apa yang Saudara harapkan dimiliki siswa setelah mengikuti pembelajaran?

8.
Jika kali ini saya ikut mengamati pembelajaran, bagian apakah yang perlu mendapat perhatian khusus ?




















FORMAT B :  DAFTAR PERIKSA OBSERVASI

INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK

1.  Nama sekolah                 : ………………………………………………………………….
2.  Nama guru                       : ………………………………………………………………….
3.  Mata pelajaran                 : ………………………………………………………………….
4.  Kelas / semester              : ………………………………………………………………….
5.  Hari/ tanggal/ jam ke      : ………………………………………………………………….
6.  Kompetensi Dasar/         : …………………………………………………………………..
Indikator                              …………………………………………………………………..
7.  Jumlah siswa                  : ………orang, hadir: ………orang, tidak hadir: ……. orang



Ya (ada)
Tidak

No
Aspek yang diamati
baik
perlu diperbaiki
(tidak ada)
Ket
I
PERSIAPAN




1
Program Tahunan




2
Program Semester




3
Silabus




4
KKM untuk KD yang dibahas




5
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran




6
Buku nilai memuat semua tagihan yang telah dilaksanakan





JUMLAH I
......



II
KEGIATAN PEMBELAJARAN




A
PENDAHULUAN




1
Kesiapan alat bantu & media pembelajaran




2
Motivasi




3
Apersepsi




4
Kejelasan kompetensi dasar / indikator




5
Kesiapan bahan ajar





JUMLAH II A
......



B
KEGIATAN POKOK




1
Penguasaan materi




2
Pengelolaan kelas




3
Pengelolaan waktu




4
Metode/ pendekatan yang bervariasi




5
Penggunaan alat bantu/media pembelajaran




6
Peran guru sebagai fasilitator/bimbingan yang diberikan kepada peserta didik




7
Teknik bertanya




8
Penggunaan papan tulis/ white board






Ya (ada)
Tidak

No
Aspek yang diamati
baik
perlu diperbaiki
(tidak ada)
Ket
9
Interaksi guru – peserta didik




10
Interaksi antarpeserta didik




11

Aktivitas peserta didik:
a. menggali informasi dari berbagai sumber





b. mengolah informasi/data





c. melakukan penelitian / memecahkan masalah





d. berkomunikasi lisan/tertulis (mempresentasi-kan hasil/pidato/mengarang, dsb)





e. mengajukan pertanyaan yang berbobot/ide kreatif





f. menghubungkan materi pembelajaran dengan budi pekerti/teknologi/kehidupan sehari-hari/ lingkungan





g. mengambil keputusan/menarik kesimpulan




12
Sikap/ minat peserta didik dalam pembelajaran:
a. kehadiran





b. membawa buku pelajaran yang relevan





c. buku catatan rapi




13
Pencapaian kompetensi dasar dan atau indikator





JUMLAH II B
......



C
PENUTUP




1
Siswa membuat rangkuman/kesimpulan dibim-bing guru




2
Membersihkan alat/bahan yang selesai digunakan




3
Tugas untuk pertemuan berikutnya





JUMLAH II C
......




JUMLAH “Ya (ada), baik) SELURUHNYA
……




KUALIFIKASI



……..










1 komentar: