Jumat, 02 Desember 2011

LAPORAN PELAKSANAAN TUGAS KEPENGAWASAN


LAPORAN  PELAKSANAAN TUGAS KEPENGAWASAN

BAB  I

PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Kegiatan kepengawasan yang dilakukan oleh para Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI)  adalah merupakan suatu aktivitas profesional pengawas dalam rangka membantu sekolah melalui monitoring, supervisi, penilaian, pembinaan/pengembangan dan melaporkannya secara terencana dan berkesinambungan. Seluruh rangkaian kegiatan kepengawasan itu diawali dengan penyusunan program kepengawasan yang dibuat berdasarkan analisis mendalam terhadap laporan hasil kepengawasan dari  sekolah meliputi  RA/TK/SD/MI binaan sesuai dengan tugas  yang dibebankan oleh Kantor Departemen Agama kabupaten Tulungagung.
Laporan kepengawasan  disusun sesuai dengan  tugas pokok pengawas, yiatu membina, memantau dan menilai  sekolah binaannya yang meliputi permasalahan yaitu  tentang manajerial dan akademik.
Permasalahan manajerial ditujukan kepada kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan tenaga kependidikan  dan masalah akademik ditujukan kepada guru  pada masing-masing sekolah/Madrasah binaan. Masalah-masalah tersebut difokuskan pada : !)  Program Madrasah/sekolah; b) Pelaksanaan Program; 3) Monitoring dan Evaluasi. Kesemua program tersebut mengacu pada 8 standar pendidikan yang telah ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah . No. 19 Th.   2005  tentang Standar Pendidikan Nasional  dalam rangka mencapai tujuan penddikan nasional.

B.    Fokus  Masalah
Dalam kepengawasan difokuskan pada permasalahan yang muncul pada setiap sekolah binaan meliputi:

1.    Masalah Manajerial
a.    Penyusunan  perencanaan madrasah/sekolah untuk berbagai tingkatan perencanaan



b.    Pengelolaan  hubungan sekolah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan  pembiayaan madrasah/sekolah 
c.   Mengelola  pengembangan  kurikulum dan kegiatan pembelajaran  sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional. 
d.   Mengelola    keuangan    sekolah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien
e. Memimpin sekolah dalam rangka pendayagunaan sumber daya madrasah/ sekolah
f. Pengelolaan sarana dan prasarana madrasah/sekolah dalam rangka pendayagunaan secara optimal
g. Penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan madrasah/sekolah dg prosedur yg tepat
h. Pengelolaan  pengembangan  kurikulum dan kegiatan pembelajaran  sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional. 
i.  Pelaksanaan supervisi akademik terhadap guru  

2.    Masalah Akademik

a.        Memahami karakteristik peserta didik  yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
b.        Menerapkan pendekatan pembelajaran tematis, khususnya di kelas-kelas awal MI/SD belum maksimal 
c.        Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran
d.        Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan belum  mengunakan berbagai instrumen 
e.        Mengidentifikasi kesulitan peserta didik dalam lima mata pelajaran
f.         Menerapkan berbagai pendekatan, strategi,metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran
g.        Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian
h.        Menggunakan media pembelajaran sesuai  dengan karakteristik peserta didik dan tujuan pembelajaran masih
i.          Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan belum maksimal




C.     Tujuan dan Sasaran Pengawasan
        
         1.   Tujuan  Kepengawasan

Kepangawasan dilaksanakan dengan tujuan , antara lain :
a)    Meningkatkan kemampuan Kepala MI dalam pengelolaan  dan administrasi sekolah berdasarkan  MPMBS
b)    Mendorong guru dan kepala sekolah dalam   merefleksikan hasil-hasil yang dicapainya
c)    Membantu kepala sekolah dalam mempersiapkan akreditasi Madrasah
d)    Meningkatkan    kualitas    guru   dalam     pelaksanaan    proses pembelajaran.
5.    Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan strategi/metode/teknik pembelajaran/bimbingan yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa melalui bidang pengembangan di RA/TK  atau mata pelajaran di MI/SD
6.    Meningkatkan profesionalisme Guru /Kepala Madrasah  dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran  tiap bidang pengembangan di RA/TK atau mata pelajaran di MI/SD
7.    Meningkatkan mutu pembelajaran tiap bidang pengembangan di RA/TK atau mata pelajaran di MI/SD
8.    Meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran tiap bidang pengembangan di RA/TK atau mata pelajaran di MI/SD
9.    Memberikan bimbingan kepada guru tentang penelitian tindakan kelas, baik perencanaan maupun pelaksanaannya di sekolah.

2.   Sasaran
Sasaran kepengawasan  pada tahun pelajaran 2009/2010  sesuai dengan permasalahan yang  dialami  oleh sekolah binaan  yang meliputi 3 Madrasah, dan 44 GPAI di Sekolah Dasar binaan  adalah:
1.    Kinerja  Kepala Madrasah  dalam menyusun perencanaan dan pengelolaan Madrasah
2.    Kinerja Guru  dalam Kegiatan Pembelajaran





      Kesepuluh lembaga pendidikan binaan yaitu :
No
Nama MI/SD Binaan 
Kepala Madrasah
Guru Madrasah
GPAI SD


























































D.     Ruang  Lingkup 
          Ruang lingkup  kepengawasan meliputi :
         1.   Penilaian 
               Kepala Madrasah
a)    Kinerja Kepala Madrasah dalam Menyusun Program tahunan
b)    Kinerja Kepala Madrasah dalam melaksanakan supervisi akademik
c)    Kinerja Kepala Madrasah dalam memimpin Madrasah dalam rangka     pendayagunaan sumber daya Madrasah
d)    Kinerja  Kepala Madrasah dalam mengelola  hubungan Madrasah  dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan  pembiayaan Madrasah
               Guru 
a)    Kinerja guru dalam menyusun RPP
b)    Kinerja guru dalam menerapkan penerapan pembelajaran tematis
c)    Kinerja guru dalam mengembangkan komponen – komponen rancangan pembelajaran
d)    Kinerja guru dalam mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan



2.  Pembinaan :
1)    Organissi Madrasah  dalam persiapan menghadapi akreditasi Madrasah
2)    Guru, dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran
3)    Penerapan  berbagai inovasi dalam pembelajaran
3.    Pemantauan:
1)    Pengelolaan administrasi Madrasah
2)    Pelaksanaan 8 standar nasional pendidikan
3)    Pelaksanaan Try Out , UAM/UAMBN dan Ujian Kenaikan Kelas
4)    Penggunaan sarana prasarana pembelajaran
 










































BAB II

KERANGKA PIKIR PEMECAHAN MASALAH

A.        Penggunaan Konsep atau Teori

            Dalam kerangka pikir pemecahan masalah diperlukan serangakian kegiatan yang terencana, terarah, serta berkesinambungan dengan maksud memberikan penjelasn atas pertanyaan sebagai berikut :
1. Why            : Mengapa kegiatan pengawasan dilakukan ?
2. What          : Apa tujuan dan sasaran pengawasan ?
3. Who           : Siapa yang terlibat dalam pengawasan ?
4. How            : Bagaimana pengawasan dilakukan ?
5. When         : Kapan pengawasan dilakukan ?

            Dengan memperhatikan langkah pokok perencanaan (Stoner, 1992), terdapat empat tahapan kegiatan yang harus dilakukan dalam Kerangka Pikir Pemecahan Masalah meliputi :
1.    Menetapkan tujuan atau seperangkat tujuan
2.    Menentukan situasi pada saat ini
3.    Mengidentifikasi pendukung dan penghambat tujuan
4.    Mengembangkan seperangkat tindakan untuk mencapai tujuan

B.        Penggunaan Hasil Empirik

            Berdasarkan pengalaman dan pengetahuan kepengawasan tahun 2008 / 2009 pada lembaga pendidikan binaan terdiri dari 3 Madrasah dan 44 GPAI di SD Kecamatan Boyolangu Tulungagung Keberhasilan kepengawasan adalah dimulai dari perencanaan, identifikasi masalah, tujuan dan sasaran, teknis pengawasan, indikator keberhasilan, instrumen yang diperlukan sebagai pendukung, skenario pengawasan dan kapan dilakukan pengawasan, menganalisa hasil pengawasan dan rencana tindak lanjut, dengan demikian pengalaman dan pengawasan tahun yang lalu sangat berhasil dengan baik walaupun ada yang belum berhasil.

BAB III
DISKRIPSI
PROGRAM KERJA PENGAWAS PENDIDKA AGAMA ISLAM RA/TK/SD/MI
KANTOR DEPARTEMEN AGAMA KABUPATEN TULUNGAGUNG
TAHUN PELAJARAN 2011 /2012

NO
ASPEK/UNSUR
KEGIATAN
TUJUAN
SASARAN
INDIKATOR/KEBERHASILAN /TARGET
CARA KERJA/METODE
JADWAL KERJA
I
A. UMUM
1.   Menyususn proram tahunan kepengawasan berdasarkan visi,misi, tujuan dan program pendidikan
2.   Menyusun program semester 1 Tahun Pelajaran 2011/2012  merujuk pada delapan standar nasional pendidikan
Mampu menyususn program kepengawasan yang profesional dan dapat dilaksnakan
Tersusunnya program tahunan dan  semester yang komprehensif
Program pengawas yang mampu dilaksanakan dengan menyesuaikan kondisi lembaga pendidikan binaan
Langkah-langkah
1.Data hasil supervise
2.Identifikasi Tupoksi pengawas SK Menpan nomor 118 tahun 1996
3.Permen Nomor 12 tahun 2007 tentang strandar Pengawas sekolah/Madrasah
4.Menyusun program
Juni s.d Juli 2011


2. Menyususn metode kerja dan intrumen yang diperlukan untuk melaksnakan tugas  pokok dan fungsi pengawasan

Mampu menyusun metode dan instrumen supervisi


Tersusunnya metode dan Instrumen kepengawasan
Instrumen supervisi dan petunjuk pelaksanaan

-       
Langkah-langkah kegiatan
1.Identifikasi Tupoksi pengawas SK Menpan nomor 118 tahun 1996
2.Permen Nomor 12 tahun 2007 tentang strandar Pengawas sekolah/Madrasah.
3.Petunjuk pembuatan instrumen
4.Menyusun intrumen
Juni s.d Juli 2011



3. Menyususn laporan hasil-hasil pengawasan dan menindaklajutinya untuk perbaikan program pengawas berikutnya.

Mampu menyusun laporan hasil kepengawasan , dan tindak lanjut
Tersusunnya laporan hasil pengawas dan rencana tindak lanjut
Dokumen laporan hasil kepengawasan
Langkah-langkah
1.    Pengumpulan data hasil supervisi dengan identifikasi instrumen
2.    Analisa data
3.    Menyusun laporan
Semester I Juli
Semester II Januari

8
 
II
B. KOMPTENSI SPERVISI MANAJERIAL
4. Membina kepala MI, guru MI dan GPAI dalam pengelolaan dan adminitrasi satuan pendidikan berdasarkan manajemen peningkatan mutu pendidikan.
Mampu mengelo admintrasi sekolah dan pembelajaran dengan tertip dan baik
Adminitrasi Madrasah, guru dan GPAI binaan

Madrasah memiliki administrasi dengan tertip dan baik dan guru memiliki adminitrasi pembelajaran dengan tertip dan baik
Langkah-langkah kegiatan :
1.Penyususunan rencana pembinaa(Jadwal)
2.Penyiapan materi pembinaan
3.Pelaksanaan (intrumen pembinaan adminitrasi)
4.Pertemuan KKM dan KKG

Semester I Juli- Des
Semester II Januari-Juni




5.  Membina kepala MI  dan guru/GPAI dalam melasanakan bimbingan konseling
Mampu menyususn program dan pelaksnaan bimbingan konseling
.
Pelaksanaan bimbingan konseling pada sekolah binaan

Program bimbingan konseling
Langakahplangkah
1.Rapat Kepala Madrasah
2.Kunjungan Madrasah/sekolah
3.KKM dan KKG
Agustus 2011 s.d  Juni 2012


5. Mendorong guru dan kepala MI   dalam merefleksi hasil-hasil yang dicapai untuk menemukan  kelebihan dan kekurangan dalam melaksanakan tugas pokoknya.
Mampu menunjukkan kelebihan dan kekurangan dalam melaksankan tugas pokok.
Pelaksanaan tugas pokok guru dan Kepala Madrasah , GPAI binaan
Diskripsi/laporan kelebihan dan kekurangan dalam melaksanakan tugas serta solusi kedepan
Langkah-langkah
1.      Rapat Kepala Madrasah
2.      Refleksi di sekolah
3.      Kunjungan sekolah
4.      KKM dan KKG
Agustus 2011 s.d  Juni 2012


6. Memantau pelaksanaan delapan standar nasonal pendidikan dan memanfaatkan hasil-hasil untuk membantu kepala MI dalam mempersiapkan akriditasi

Mampu melaksanakan delapan standar pendidikan nasional dan persiapan akriditasi
Pelaksanaan delapan standar nasional dan persiapan akriditasi
Petunjuk teknis pelaksanaan  delapan standar nasional akriditasi Madrasah
Langkah-langkah
1.Identifikasi petunjuk akriditasi tingkat. Nasional
2.Mengadakan pertemuan Madrasah yang akan diakridiasi
3.Memberikan teknis pelaksnaan akriditasi
Agustus 2011 s.d  Juni 2012
9
 



NO
ASPEK/UNSUR
KEGIATAN
TUJUAN
SASARAN
INDIKATOR/KEBERHASILAN /TARGET
CARA KERJA/METODE
JADWAL KERJA
III
C. SUPERVISI AKADEMIK

1. Membimbing guru dalam menyususn silabus tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran berdasarkan standar isi, standar kompetensi, dan kompetensi dasar, dan prinsip-prinsip pengembangan KTSP
Guru mampu menyusun silabus berdasarkan standar isi.
Tersusunnya silabus berdasarkan standar isi dan prinsip-prinsip pengembangan KTSP MI dan GPAI binaan
Dokumen Silabus setiap mata pelajaran
Langkah-langkah
  1. Dokumen standar isi
  2. Pelaksanaa KKG
  3. Editing
  4. Penggandaan
Mei  s.d Juni 2011


2. Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan strategi/metode/teknis pembelajaran/bimbingan yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa melalui bidang pengembangan atau mata pelajaran
Guru mampu menggunakan berbagai startegi /metode pembelajaran dan mengembangkan berbagai potensi siswa
Pelaksanaan PBM dengan menggunakan strategi/metode/teknis pembelajaran
Melaksanakan PBM dengan menggunakan strategi/metode/teknis pembelajaran yang tepat dan efektif.
Langkah-langkah
1.      Buku sumber
2.      Nara sumber /pengawas
3.      Pelaksnaan KKG
4.      pelaksnaan observasi kelas
5.      evaluasi
Mei  s.d Juni 2011
Nop s.d Des 2011
Peb. S.d Maret 2012


3. Membimbing guru dalam menyususn rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
Guru mampu menyusun RPP tiap mata pelajaran dengan baik
Penyusunan RPP  guru kelas I – VI pada guru binaan
Kejelasan RPP dengan SK, KD, Indikator, Tujuan dan Langkah-langkah pembelajaran
Langkah-langkah
1.      Dokumen silabus
2.      Buku sumber teknis pembuatan RPP
3.      Nara sumber / PPAI
4.      Pelaksanaan KKG
5.      Pelaksanaan di kelas
Mei  s.d Juni 2011

Des 2011 s.d Jan 2012


4. Membimbing guru dalam melaksnakan kegiatan pembelajaran/bimbingan ( di kelas, laboratorium, dan atau di lapangan) untuk mengembangkan potensi siswa pada tipa bidang pengemabngan atau mata pelajaran
Guru mampu melaksanakan pembelajaran di kelas dan di luar kelas, serta mampu mengembangkan siswa
Pelaksanaan PBM di dalam dan di luar kelas

Melaksnaakan PBM di dalam dan di luar kelas
Langkah-langkah
1.      Kunjungan langsung ke kelas
2.      Intrmen supervisi
3.      Pelaksanaan di kelas
4.      Analisa
5.      Program tindak lanjut
10
 
Juni 2011 s.d Mei 2012

NO
ASPEK/UNSUR
KEGIATAN
TUJUAN
SASARAN
INDIKATOR/KEBERHASILAN /TARGET
CARA KERJA/METODE
JADWAL KERJA


5. Membimbing guru dalam mengelola, merawat, mengembangkan dan menggunakan media pendidikan dan fasilitas pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
Guru mampu mengolah dan merawat media dan fasiltas pendidikan untuk pembelajaran
Pembinaan mengolah dan merawat media dan fasiltas pendidikan untuk pembelajaran
Melaksanakan cara merawat media dan fasilitas pendidikan dan guru melaksnakan
Langkah-langkah
1.    Kunjungan Madrasah/sekolah
2.    Bimbingan langsung guru
3.    Praktik merawat media
Mei  s.d Juni 2011






6. Memotifasi guru memanfaatkan tehnologi informasi untuk pembelajaan/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
Guru mampu menggunakan teknilogi informasi untuk pembelajaran
mengolah dan merawat media dan fasiltas pendidikan untuk pembelajaran
Melaksankan   guru dalam menggunakan komputer dan CD rom dalam pembelajaran
Langkah-langkah
1.   Pertemuan KKG
2.   Pratik mengunakan media CD pembelajaran
Agst 2011
 Nop. 2011

Jan 2012
April 2012
IV
D. EVALUASI PENDIDIKAN

1. Meyusun kreteria dan indikator keberhasilan pendidikan dan pembelajaran/bimbingan.
Dapat menyususn Indikator keberhasilan pendidikan
Indikator keberhasilan pendidikan
Melaksnakan intrumen kreteria dan indikator keberhasilan pendidikan
Langkah-langkah
1.   Pengawas menyusun kreteria dan indikator keberhasilan.
2.   PPAI monitoring sekolah binaan
3.   menganalisa
4.   Program tindak lanjut.


Juni 2011


2. Membimbing guru dalam menentukan aspek-aspek yang penting dalam pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
Guru mamapu menentukan aspek-aspek penting dalam pembelajaran
Menentukan aspek-aspek penting dalam pembelajaran , Kamad dan guru
Petunjuk aspek-aspek penting dalam pembelajaran
Langkah-langkah
1.   Kunjunagn langsung ke Madrasah/sekolah
2.   Membimbing guru di kelas
3.   OJT Guru mencoba PPAI menilai dan memberi masukan
4.   Refleksi hasil bimbingan

11
 
Juli 2011 s.d Mei 2012



NO
ASPEK/UNSUR
KEGIATAN
TUJUAN
SASARAN
INDIKATOR/KEBERHASILAN /TARGET
CARA KERJA/METODE
JADWAL KERJA


3. Menilai kinerja kepala MI, guru dan staf dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggungjawab untuk meningkakan mutu pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
Dapat menetukan kinerja kepala MI dan guru berdasrkan tugas pokok dan tanggunjawabnya
Penilaia kinerja kepala MI dan guru berdasrkan tugas pokok dan tanggunjawabnya
Melaksanakan penilian kinerja kepala MI dan guru
Langkah-langkah
1.      Data hasil kunjungan sekolah pada format kinerja Kamad dan Guru
2.      Analisa data
3.      Program tindak lanjut
4.      Laporan kepada Mapenda

Sept. 2011
Des 2011
Maret 2012
Juni 2012


4. Memantau pelaksanaan pembelajaran.bimbingan dan hasil belajar siswa serta menganalisanya untuk perbaiakan mutu pembelajaran/bimbingan  tiap bidang atau mata pelajaran
Dapat menetahui pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa dan dianalisa untuk tindak lanjut peningkatan mutu
Pemantauan hasil belajar siswa dan dianalisa untuk tindak lanjut peningkatan mutu
Melaksanakan hasil belajar siswa dan dianalisa untuk tindak lanjut peningkatan mutu
Langkah-langkah
1.      Memantau pelaksnaan PBM (Intrimen PBM)
2.      Data intrumen di analisa
3.      Program tindak lanjut
4.      Laporan
5.      Bahan pembinaan

Juli 2011  s.d Mei 2012


5. Membina guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengemabangan atau mata pelajaran
Guru dapat memanfaatkan hasil penilaian siswa
Memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran
Melaksankan hasil penilaian untuk perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran
Langkah-langkah
1.      Monitoring ke sekolah
2.      Data nilai siswa
3.      Bimbingan analisa dan perbaikan
4.      Program tindak lanjut
Juli 2011  s.d Mei 2012


6. Mengolah dan menganalisa data hasil penilaian kinerja kepala MI, dan kinerja guru
Mampu menganalisa data dan hasil kinerja kepala MI dan guru
Mengolah dan menganalisa data Kinerja Kepala MI dan guru
Melakukan hasil analisa kinerja kepala MI dan guru
Langkah-langkah
1.      Data dari intrumen penilai kinerja Kepala MI Guru
2.      Analisa data
3.      Program tindak lanjut
Sept. 2011
Des 2011
Maret 2012
12
 
Juni 2012

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar