LAPORAN PELAKSANAAN TUGAS KEPENGAWASAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kegiatan kepengawasan yang dilakukan oleh para Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) adalah merupakan suatu aktivitas profesional pengawas dalam rangka membantu sekolah melalui monitoring, supervisi, penilaian, pembinaan/pengembangan dan melaporkannya secara terencana dan berkesinambungan. Seluruh rangkaian kegiatan kepengawasan itu diawali dengan penyusunan program kepengawasan yang dibuat berdasarkan analisis mendalam terhadap laporan hasil kepengawasan dari sekolah meliputi RA/TK/SD/MI binaan sesuai dengan tugas yang dibebankan oleh Kantor Departemen Agama kabupaten Tulungagung.
Laporan kepengawasan disusun sesuai dengan tugas pokok pengawas, yiatu membina, memantau dan menilai sekolah binaannya yang meliputi permasalahan yaitu tentang manajerial dan akademik.
Permasalahan manajerial ditujukan kepada kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan tenaga kependidikan dan masalah akademik ditujukan kepada guru pada masing-masing sekolah/Madrasah binaan. Masalah-masalah tersebut difokuskan pada : !) Program Madrasah/sekolah; b) Pelaksanaan Program; 3) Monitoring dan Evaluasi. Kesemua program tersebut mengacu pada 8 standar pendidikan yang telah ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah . No. 19 Th. 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional dalam rangka mencapai tujuan penddikan nasional.
B. Fokus Masalah
Dalam kepengawasan difokuskan pada permasalahan yang muncul pada setiap sekolah binaan meliputi:
1. Masalah Manajerial
a. Penyusunan perencanaan madrasah/sekolah untuk berbagai tingkatan perencanaan
b. Pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan madrasah/sekolah
c. Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional.
d. Mengelola keuangan sekolah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien
e. Memimpin sekolah dalam rangka pendayagunaan sumber daya madrasah/ sekolah
f. Pengelolaan sarana dan prasarana madrasah/sekolah dalam rangka pendayagunaan secara optimal
g. Penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan madrasah/sekolah dg prosedur yg tepat
h. Pengelolaan pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional.
i. Pelaksanaan supervisi akademik terhadap guru
2. Masalah Akademik
a. Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
b. Menerapkan pendekatan pembelajaran tematis, khususnya di kelas-kelas awal MI/SD belum maksimal
c. Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran
d. Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan belum mengunakan berbagai instrumen
e. Mengidentifikasi kesulitan peserta didik dalam lima mata pelajaran
f. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi,metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran
g. Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian
h. Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan tujuan pembelajaran masih
i. Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan belum maksimal
C. Tujuan dan Sasaran Pengawasan
1. Tujuan Kepengawasan
Kepangawasan dilaksanakan dengan tujuan , antara lain :
a) Meningkatkan kemampuan Kepala MI dalam pengelolaan dan administrasi sekolah berdasarkan MPMBS
b) Mendorong guru dan kepala sekolah dalam merefleksikan hasil-hasil yang dicapainya
c) Membantu kepala sekolah dalam mempersiapkan akreditasi Madrasah
d) Meningkatkan kualitas guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran.
5. Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan strategi/metode/teknik pembelajaran/bimbingan yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa melalui bidang pengembangan di RA/TK atau mata pelajaran di MI/SD
6. Meningkatkan profesionalisme Guru /Kepala Madrasah dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran tiap bidang pengembangan di RA/TK atau mata pelajaran di MI/SD
7. Meningkatkan mutu pembelajaran tiap bidang pengembangan di RA/TK atau mata pelajaran di MI/SD
8. Meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran tiap bidang pengembangan di RA/TK atau mata pelajaran di MI/SD
9. Memberikan bimbingan kepada guru tentang penelitian tindakan kelas, baik perencanaan maupun pelaksanaannya di sekolah.
2. Sasaran
Sasaran kepengawasan pada tahun pelajaran 2009/2010 sesuai dengan permasalahan yang dialami oleh sekolah binaan yang meliputi 3 Madrasah, dan 44 GPAI di Sekolah Dasar binaan adalah:
1. Kinerja Kepala Madrasah dalam menyusun perencanaan dan pengelolaan Madrasah
2. Kinerja Guru dalam Kegiatan Pembelajaran
Kesepuluh lembaga pendidikan binaan yaitu :
No | Nama MI/SD Binaan | Kepala Madrasah | Guru Madrasah | GPAI SD |
| ||||
| ||||
| ||||
D. Ruang Lingkup
Ruang lingkup kepengawasan meliputi :
1. Penilaian
Kepala Madrasah
a) Kinerja Kepala Madrasah dalam Menyusun Program tahunan
b) Kinerja Kepala Madrasah dalam melaksanakan supervisi akademik
c) Kinerja Kepala Madrasah dalam memimpin Madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya Madrasah
d) Kinerja Kepala Madrasah dalam mengelola hubungan Madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan Madrasah
Guru
a) Kinerja guru dalam menyusun RPP
b) Kinerja guru dalam menerapkan penerapan pembelajaran tematis
c) Kinerja guru dalam mengembangkan komponen – komponen rancangan pembelajaran
d) Kinerja guru dalam mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan
2. Pembinaan :
1) Organissi Madrasah dalam persiapan menghadapi akreditasi Madrasah
2) Guru, dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran
3) Penerapan berbagai inovasi dalam pembelajaran
3. Pemantauan:
1) Pengelolaan administrasi Madrasah
2) Pelaksanaan 8 standar nasional pendidikan
3) Pelaksanaan Try Out , UAM/UAMBN dan Ujian Kenaikan Kelas
4) Penggunaan sarana prasarana pembelajaran
BAB II
KERANGKA PIKIR PEMECAHAN MASALAH
A. Penggunaan Konsep atau Teori
Dalam kerangka pikir pemecahan masalah diperlukan serangakian kegiatan yang terencana, terarah, serta berkesinambungan dengan maksud memberikan penjelasn atas pertanyaan sebagai berikut :
1. Why : Mengapa kegiatan pengawasan dilakukan ?
2. What : Apa tujuan dan sasaran pengawasan ?
3. Who : Siapa yang terlibat dalam pengawasan ?
4. How : Bagaimana pengawasan dilakukan ?
5. When : Kapan pengawasan dilakukan ?
Dengan memperhatikan langkah pokok perencanaan (Stoner, 1992), terdapat empat tahapan kegiatan yang harus dilakukan dalam Kerangka Pikir Pemecahan Masalah meliputi :
1. Menetapkan tujuan atau seperangkat tujuan
2. Menentukan situasi pada saat ini
3. Mengidentifikasi pendukung dan penghambat tujuan
4. Mengembangkan seperangkat tindakan untuk mencapai tujuan
B. Penggunaan Hasil Empirik
Berdasarkan pengalaman dan pengetahuan kepengawasan tahun 2008 / 2009 pada lembaga pendidikan binaan terdiri dari 3 Madrasah dan 44 GPAI di SD Kecamatan Boyolangu Tulungagung Keberhasilan kepengawasan adalah dimulai dari perencanaan, identifikasi masalah, tujuan dan sasaran, teknis pengawasan, indikator keberhasilan, instrumen yang diperlukan sebagai pendukung, skenario pengawasan dan kapan dilakukan pengawasan, menganalisa hasil pengawasan dan rencana tindak lanjut, dengan demikian pengalaman dan pengawasan tahun yang lalu sangat berhasil dengan baik walaupun ada yang belum berhasil.
BAB III
DISKRIPSI
PROGRAM KERJA PENGAWAS PENDIDKA AGAMA ISLAM RA/TK/SD/MI
KANTOR DEPARTEMEN AGAMA KABUPATEN TULUNGAGUNG
TAHUN PELAJARAN 2011 /2012
NO | ASPEK/UNSUR | KEGIATAN | TUJUAN | SASARAN | INDIKATOR/KEBERHASILAN /TARGET | CARA KERJA/METODE | JADWAL KERJA | ||
I | A. UMUM | 1. Menyususn proram tahunan kepengawasan berdasarkan visi,misi, tujuan dan program pendidikan 2. Menyusun program semester 1 Tahun Pelajaran 2011/2012 merujuk pada delapan standar nasional pendidikan | Mampu menyususn program kepengawasan yang profesional dan dapat dilaksnakan | Tersusunnya program tahunan dan semester yang komprehensif | Program pengawas yang mampu dilaksanakan dengan menyesuaikan kondisi lembaga pendidikan binaan | Langkah-langkah 1.Data hasil supervise 2.Identifikasi Tupoksi pengawas SK Menpan nomor 118 tahun 1996 3.Permen Nomor 12 tahun 2007 tentang strandar Pengawas sekolah/Madrasah 4.Menyusun program | Juni s.d Juli 2011 | ||
| | 2. Menyususn metode kerja dan intrumen yang diperlukan untuk melaksnakan tugas pokok dan fungsi pengawasan | Mampu menyusun metode dan instrumen supervisi | Tersusunnya metode dan Instrumen kepengawasan | Instrumen supervisi dan petunjuk pelaksanaan - | Langkah-langkah kegiatan 1.Identifikasi Tupoksi pengawas SK Menpan nomor 118 tahun 1996 2.Permen Nomor 12 tahun 2007 tentang strandar Pengawas sekolah/Madrasah. 3.Petunjuk pembuatan instrumen 4.Menyusun intrumen | Juni s.d Juli 2011 | ||
| | 3. Menyususn laporan hasil-hasil pengawasan dan menindaklajutinya untuk perbaikan program pengawas berikutnya. | Mampu menyusun laporan hasil kepengawasan , dan tindak lanjut | Tersusunnya laporan hasil pengawas dan rencana tindak lanjut | Dokumen laporan hasil kepengawasan | Langkah-langkah 1. Pengumpulan data hasil supervisi dengan identifikasi instrumen 2. Analisa data 3. Menyusun laporan | Semester I Juli Semester II Januari
| ||
II | B. KOMPTENSI SPERVISI MANAJERIAL | 4. Membina kepala MI, guru MI dan GPAI dalam pengelolaan dan adminitrasi satuan pendidikan berdasarkan manajemen peningkatan mutu pendidikan. | Mampu mengelo admintrasi sekolah dan pembelajaran dengan tertip dan baik | Adminitrasi Madrasah, guru dan GPAI binaan | Madrasah memiliki administrasi dengan tertip dan baik dan guru memiliki adminitrasi pembelajaran dengan tertip dan baik | Langkah-langkah kegiatan : 1.Penyususunan rencana pembinaa(Jadwal) 2.Penyiapan materi pembinaan 3.Pelaksanaan (intrumen pembinaan adminitrasi) 4.Pertemuan KKM dan KKG | Semester I Juli- Des Semester II Januari-Juni | ||
| | 5. Membina kepala MI dan guru/GPAI dalam melasanakan bimbingan konseling | Mampu menyususn program dan pelaksnaan bimbingan konseling . | Pelaksanaan bimbingan konseling pada sekolah binaan | Program bimbingan konseling | Langakahplangkah 1.Rapat Kepala Madrasah 2.Kunjungan Madrasah/sekolah 3.KKM dan KKG | Agustus 2011 s.d Juni 2012 | ||
| | 5. Mendorong guru dan kepala MI dalam merefleksi hasil-hasil yang dicapai untuk menemukan kelebihan dan kekurangan dalam melaksanakan tugas pokoknya. | Mampu menunjukkan kelebihan dan kekurangan dalam melaksankan tugas pokok. | Pelaksanaan tugas pokok guru dan Kepala Madrasah , GPAI binaan | Diskripsi/laporan kelebihan dan kekurangan dalam melaksanakan tugas serta solusi kedepan | Langkah-langkah 1. Rapat Kepala Madrasah 2. Refleksi di sekolah 3. Kunjungan sekolah 4. KKM dan KKG | Agustus 2011 s.d Juni 2012 | ||
| | 6. Memantau pelaksanaan delapan standar nasonal pendidikan dan memanfaatkan hasil-hasil untuk membantu kepala MI dalam mempersiapkan akriditasi | Mampu melaksanakan delapan standar pendidikan nasional dan persiapan akriditasi | Pelaksanaan delapan standar nasional dan persiapan akriditasi | Petunjuk teknis pelaksanaan delapan standar nasional akriditasi Madrasah | Langkah-langkah 1.Identifikasi petunjuk akriditasi tingkat. Nasional 2.Mengadakan pertemuan Madrasah yang akan diakridiasi 3.Memberikan teknis pelaksnaan akriditasi | Agustus 2011 s.d Juni 2012 |
|
NO | ASPEK/UNSUR | KEGIATAN | TUJUAN | SASARAN | INDIKATOR/KEBERHASILAN /TARGET | CARA KERJA/METODE | JADWAL KERJA | ||
III | C. SUPERVISI AKADEMIK | 1. Membimbing guru dalam menyususn silabus tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran berdasarkan standar isi, standar kompetensi, dan kompetensi dasar, dan prinsip-prinsip pengembangan KTSP | Guru mampu menyusun silabus berdasarkan standar isi. | Tersusunnya silabus berdasarkan standar isi dan prinsip-prinsip pengembangan KTSP MI dan GPAI binaan | Dokumen Silabus setiap mata pelajaran | Langkah-langkah
| Mei s.d Juni 2011 | ||
| | 2. Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan strategi/metode/teknis pembelajaran/bimbingan yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa melalui bidang pengembangan atau mata pelajaran | Guru mampu menggunakan berbagai startegi /metode pembelajaran dan mengembangkan berbagai potensi siswa | Pelaksanaan PBM dengan menggunakan strategi/metode/teknis pembelajaran | Melaksanakan PBM dengan menggunakan strategi/metode/teknis pembelajaran yang tepat dan efektif. | Langkah-langkah 1. Buku sumber 2. Nara sumber /pengawas 3. Pelaksnaan KKG 4. pelaksnaan observasi kelas 5. evaluasi | Mei s.d Juni 2011 Nop s.d Des 2011 Peb. S.d Maret 2012 | ||
| | 3. Membimbing guru dalam menyususn rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran | Guru mampu menyusun RPP tiap mata pelajaran dengan baik | Penyusunan RPP guru kelas I – VI pada guru binaan | Kejelasan RPP dengan SK, KD, Indikator, Tujuan dan Langkah-langkah pembelajaran | Langkah-langkah 1. Dokumen silabus 2. Buku sumber teknis pembuatan RPP 3. Nara sumber / PPAI 4. Pelaksanaan KKG 5. Pelaksanaan di kelas | Mei s.d Juni 2011 Des 2011 s.d Jan 2012 | ||
| | 4. Membimbing guru dalam melaksnakan kegiatan pembelajaran/bimbingan ( di kelas, laboratorium, dan atau di lapangan) untuk mengembangkan potensi siswa pada tipa bidang pengemabngan atau mata pelajaran | Guru mampu melaksanakan pembelajaran di kelas dan di luar kelas, serta mampu mengembangkan siswa | Pelaksanaan PBM di dalam dan di luar kelas | Melaksnaakan PBM di dalam dan di luar kelas | Langkah-langkah 1. Kunjungan langsung ke kelas 2. Intrmen supervisi 3. Pelaksanaan di kelas 4. Analisa 5. Program tindak lanjut |
|
NO | ASPEK/UNSUR | KEGIATAN | TUJUAN | SASARAN | INDIKATOR/KEBERHASILAN /TARGET | CARA KERJA/METODE | JADWAL KERJA | ||
| | 5. Membimbing guru dalam mengelola, merawat, mengembangkan dan menggunakan media pendidikan dan fasilitas pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran | Guru mampu mengolah dan merawat media dan fasiltas pendidikan untuk pembelajaran | Pembinaan mengolah dan merawat media dan fasiltas pendidikan untuk pembelajaran | Melaksanakan cara merawat media dan fasilitas pendidikan dan guru melaksnakan | Langkah-langkah 1. Kunjungan Madrasah/sekolah 2. Bimbingan langsung guru 3. Praktik merawat media | Mei s.d Juni 2011 | ||
| | 6. Memotifasi guru memanfaatkan tehnologi informasi untuk pembelajaan/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran. | Guru mampu menggunakan teknilogi informasi untuk pembelajaran | mengolah dan merawat media dan fasiltas pendidikan untuk pembelajaran | Melaksankan guru dalam menggunakan komputer dan CD rom dalam pembelajaran | Langkah-langkah 1. Pertemuan KKG 2. Pratik mengunakan media CD pembelajaran | Agst 2011 Nop. 2011 Jan 2012 April 2012 | ||
IV | D. EVALUASI PENDIDIKAN | 1. Meyusun kreteria dan indikator keberhasilan pendidikan dan pembelajaran/bimbingan. | Dapat menyususn Indikator keberhasilan pendidikan | Indikator keberhasilan pendidikan | Melaksnakan intrumen kreteria dan indikator keberhasilan pendidikan | Langkah-langkah 1. Pengawas menyusun kreteria dan indikator keberhasilan. 2. PPAI monitoring sekolah binaan 3. menganalisa 4. Program tindak lanjut. | Juni 2011 | ||
| | 2. Membimbing guru dalam menentukan aspek-aspek yang penting dalam pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran. | Guru mamapu menentukan aspek-aspek penting dalam pembelajaran | Menentukan aspek-aspek penting dalam pembelajaran , Kamad dan guru | Petunjuk aspek-aspek penting dalam pembelajaran | Langkah-langkah 1. Kunjunagn langsung ke Madrasah/sekolah 2. Membimbing guru di kelas 3. OJT Guru mencoba PPAI menilai dan memberi masukan 4. Refleksi hasil bimbingan |
|
NO | ASPEK/UNSUR | KEGIATAN | TUJUAN | SASARAN | INDIKATOR/KEBERHASILAN /TARGET | CARA KERJA/METODE | JADWAL KERJA | ||
| | 3. Menilai kinerja kepala MI, guru dan staf dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggungjawab untuk meningkakan mutu pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran. | Dapat menetukan kinerja kepala MI dan guru berdasrkan tugas pokok dan tanggunjawabnya | Penilaia kinerja kepala MI dan guru berdasrkan tugas pokok dan tanggunjawabnya | Melaksanakan penilian kinerja kepala MI dan guru | Langkah-langkah 1. Data hasil kunjungan sekolah pada format kinerja Kamad dan Guru 2. Analisa data 3. Program tindak lanjut 4. Laporan kepada Mapenda | Sept. 2011 Des 2011 Maret 2012 Juni 2012 | ||
| | 4. Memantau pelaksanaan pembelajaran.bimbingan dan hasil belajar siswa serta menganalisanya untuk perbaiakan mutu pembelajaran/bimbingan tiap bidang atau mata pelajaran | Dapat menetahui pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa dan dianalisa untuk tindak lanjut peningkatan mutu | Pemantauan hasil belajar siswa dan dianalisa untuk tindak lanjut peningkatan mutu | Melaksanakan hasil belajar siswa dan dianalisa untuk tindak lanjut peningkatan mutu | Langkah-langkah 1. Memantau pelaksnaan PBM (Intrimen PBM) 2. Data intrumen di analisa 3. Program tindak lanjut 4. Laporan 5. Bahan pembinaan | Juli 2011 s.d Mei 2012 | ||
| | 5. Membina guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengemabangan atau mata pelajaran | Guru dapat memanfaatkan hasil penilaian siswa | Memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran | Melaksankan hasil penilaian untuk perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran | Langkah-langkah 1. Monitoring ke sekolah 2. Data nilai siswa 3. Bimbingan analisa dan perbaikan 4. Program tindak lanjut | Juli 2011 s.d Mei 2012 | ||
| | 6. Mengolah dan menganalisa data hasil penilaian kinerja kepala MI, dan kinerja guru | Mampu menganalisa data dan hasil kinerja kepala MI dan guru | Mengolah dan menganalisa data Kinerja Kepala MI dan guru | Melakukan hasil analisa kinerja kepala MI dan guru | Langkah-langkah 1. Data dari intrumen penilai kinerja Kepala MI Guru 2. Analisa data 3. Program tindak lanjut | Sept. 2011 Des 2011 Maret 2012
|
terimakasih smoga bermanfaat
BalasHapus
BalasHapusIjin mengunduh untuk komparasi. Laporan ini kok seperti program ya?
BalasHapusIjin mengunduh untuk komparasi. Laporan ini kok seperti program ya?
aku bisa dikirimi filenya ya?
BalasHapusaba_arif74@yamail.com
semoga bermanfaat dan berkah
BalasHapusTerima kasih atas jasa penulis, semoga menjadi amal yang maqbul
BalasHapus